Surat Permohonan Keringanan: Panduan Lengkap Tahun 2023

Pengertian Surat Permohonan Keringanan



Surat permohonan keringanan adalah surat yang dibuat untuk memohon bantuan atau keringanan tertentu. Keringanan yang dimaksud dapat berupa keringanan dalam pembayaran hutang, keringanan dalam pembayaran uang sekolah, atau keringanan dalam pembayaran pajak.


Persyaratan Membuat Surat Permohonan Keringanan



Sebelum membuat surat permohonan keringanan, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Pertama, pastikan bahwa Anda memang membutuhkan keringanan tersebut. Kedua, pastikan bahwa Anda telah mencoba mengatasi masalah tersebut secara mandiri, namun tetap tidak berhasil. Ketiga, pastikan Anda sudah memiliki dokumen pendukung yang diperlukan.


Langkah-langkah Membuat Surat Permohonan Keringanan



Berikut adalah langkah-langkah membuat surat permohonan keringanan:
1. Tentukan tujuan surat Anda.
2. Sertakan informasi pribadi Anda, seperti nama, alamat, dan nomor telepon.
3. Sertakan informasi tentang organisasi atau institusi yang Anda ajukan permohonan keringanan.
4. Jelaskan alasan Anda membutuhkan keringanan tersebut secara jelas dan singkat.
5. Sertakan dokumen pendukung yang diperlukan, seperti surat keterangan dari dokter atau surat keterangan dari pihak yang berwenang.
6. Berikan informasi tentang bagaimana Anda berencana membayar kembali jika permohonan Anda disetujui.
7. Sertakan ucapan terima kasih atas perhatian dan kerjasama yang diberikan.


Contoh Surat Permohonan Keringanan



Berikut adalah contoh surat permohonan keringanan:
Kepada Yth,
Bapak/Ibu Kepala Sekolah SMAN 1 Jakarta
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama: Ani Susanti
Alamat: Jl. Cempaka Putih Tengah X No. 5, Jakarta Pusat
Nomor Telepon: 08123456789
Dalam hal ini, saya bermaksud untuk mengajukan permohonan keringanan dalam pembayaran uang sekolah untuk anak saya yang bernama Budi Santoso, kelas 10A.
Saya memohon keringanan ini karena saya mengalami kesulitan keuangan, sehingga tidak mampu membayar uang sekolah secara penuh. Saya telah mencoba menyelesaikan masalah ini secara mandiri, namun tetap tidak berhasil.
Saya melampirkan surat keterangan dari pihak yang berwenang dan juga dokumen pendukung lainnya. Saya juga bersedia untuk membayar kembali jika permohonan saya disetujui.
Demikianlah permohonan keringanan ini saya sampaikan. Terima kasih atas perhatian dan kerjasama yang diberikan.
Hormat saya,
Ani Susanti


Kesimpulan



Membuat surat permohonan keringanan tidaklah sulit. Namun, pastikan bahwa Anda memenuhi persyaratan yang diperlukan dan menjelaskan alasan Anda secara jelas dan singkat. Dengan begitu, kemungkinan permohonan Anda untuk disetujui akan lebih besar.

close